Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2016)

PROFIL BERPIKIR VISUAL MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI

Darmadi Darmadi (IKIP PGRI Madiun)
Benny Handoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2016

Abstract

Beberapa penyelesaian masalah trigonometri perlu diselesaikan dengan visualisasi. Makalah ini membahas hasil penelitian tentang profil berpikir visual mahasiswa calon guru matematika dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Jenis penelitian deskriptif-eksploratif digunakan dengan pendekatan kualitatif, yaitu: penentuan sumber informasi, pengembangan instrumen, pengumpulan, dan validasi, serta analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ketika memahami, pikiran mendapat input visual dari soal, petunjuk, gambar yang diperoleh, dan pengetahuan yang sudah dimiliki sehingga terjadi pemrosesan pembayangan mental; 2) Ketika merencanakan, pikiran tidak memproses pembayangan mental sehingga tidak diperoleh profil berpikir visual ketika merencanakan penyelesaian masalah; 3) Ketika melaksanakan, pikiran tidak memproses pembayangan mental sehingga tidak diperoleh profil berpikir visual ketika melaksakan penyelesaian masalah; 4) Ketika memeriksa kembali, pikiran mendapat input visual dari hasil kegiatan melaksakan rencana penyelesaian sehingga pemrosesan pembayangan mental terjadi untuk mendapatkan kesimpulan. Kata kunci: berpikir visual, mahasiswa calon guru matematika, gaya belajar visual, menyelesaikan masalah trigonometri

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...