Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 8 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STRUKTURAL PADA PEMBELAJARAN PKN DI SDN NO 1 BOLANO

Rosna, Rosna (Unknown)
Imran, Imran (Unknown)
Firmansyah, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Permasalahan mendasar pada penelitian ini adalah apakah penggunaan metode Kooperatif model struktural dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN No 1 Bolano? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan  prestasi serta hasil belajar siswa kelas IV  SDN No 1 Bolano, yang pada mata pelajaran PKn. Jenis data yang diambil adalah data kuantitatif yaitu meliputi data penelitian dan analisis. Metode yang digunakan adalah metode Kooperatif model struktural. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi guru dan siswa serta evaluasi proses dan hasil pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang siswa kelas IV SDN No 1 Bolano. Proses penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus dengan prosedur tindakan 1 perencanaan, 2 pelaksanaan, 3 observasi, 4 refleksi. Hasil penelitian pada siklus I pada pertemuan pertama yang persentase nilai rata-rata siswa adalah 61,36% dan persentase nilai rata-rata guru adalah 80,3% dan persentase nilai rata-rata perolehan siswa pertemuan kedua adalah 72,7% sedangkan persentase nilai rata-rata guru adalah 83,9%. Sedangkan hasil analisis tes siklus II dapat memberikan gambaran bahwa siswa yang memperoleh ketuntasan belajar secara individu berjumlah 18  orang dan yang belum mencapai ketuntasan belajar secara individu berjumlah 02 orang dengan persentase 78,9%. Sedangkan skor perkembangan siswa rata-rata adalah 25% sampai 28% dengan persentase 78,2% sehingga prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn berhasil dengan baik. Kata Kunci : Kooperatif Model Struktural, Prestasi Belajar.

Copyrights © 2018