Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 1, No 02 (2018): Empowerment

OPTIMALISASI PENGELOLAAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KERUPUK DOROKDOK DESA CIBINGBIN KECAMATAN CIBINGBIN, KABUPATEN KUNINGAN

Suhendar, Dadang (Unknown)
Suhardi, Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

PkM activity was implemented in Cibingbin village, Cibingbin district, Kuningan regency with the target the entrepreneurs who involve with UKM belonging to kerupuk Dorokdok UKM. The activity implementation method consisted of three steps. The first step was preparation covering pre-survey, team-work, production and proposal dispatch, team coordination and partner and also  tool preparation as well as exercising materials. The second step was the step to implement the program such as  giving socialization, tutorial activity and discussion. Socialization was done through material description and discussion. The third step was evaluation and report. Evaluation was done by comparing partner condition before and after program implemented through interview method and observation. The proposed material in socialization derived from the importance of making financial report or simple accounting for entrepreneurs in UKM. The outside outcome after the socialization was implemented were : The first : The socialization in introducing how to make financial report or simple accounting for UKM has fulfilled the targeted outcome through the improvement on how to make financial report or simple accounting. It was seen after socialization that the members could describe  the  aim of the financial report or simple accounting in business activity. The second : the existed tutorial activity led UKM to understand better on how to make simple financial report good and clear. Keywords : socialization, tutorial activity, accounting   AbstrakKegiataan PkM dilaksanakan di Desa Cibingbin Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan dengan target pelaku usaha UKM yang merupakan  UKM Kerupuk Dorokdok. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap persiapan meliputi pra survey, pembentukan tim, pembuatan dan pengajuan proposal, koordinasi tim dan mitra serta persiapan peralatan dan bahan-bahan pelatihan. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan program berupa ceramah atau sosialisasi, kegiatan tutorial, dan diskusi. Sosialisasi dilakukan melalui penyuluhan (pemaparan materi) dan diskusi. Tahap ketiga yaitu tahap evaluasi dan pelaporan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kondisi mitra sebelum dan sesudah dilaksanakannya program dengan metode wawancara dan observasi. Materi yang disampaikan dalam sosialisasi berupa pentingnya pembuatan laporan keuangan atau pembukuan sederhana untuk pelaku UKM. Hasil dan luaran kegiatan setelah dilaksanakan sosialisasi yaitu pertama, sosialisasi pengenalan pembuatan laporan keuangan atau pembukuan yang sederhana untuk UKM telah memenuhi luaran yang ditargetkan, yaitu terjadi peningkatan pemahaman mengenai pembuatan laporan keuangan atau pembukuan sederhana sehingga settelah sosialisasi diberikan maka peserta dapat menjelaskan tujuan dari pembuatan laporan keuangan atau pembukuan dalam kegiatan usaha. Kedua, Kegiatan tutorial yang dilakukan membuat UKM lebih memahami bagaimana membuat laporan keuangan yang sederhana terlihat baik dan jelas.Kata Kunci : Sosialisasi,,Kegiatan Tutorial, Pembukuan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

empowerment

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPOWERMENT adalah media penerbitan karya tulis berbasis hasil pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa, menerima tulisan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan/multidisipin. Jenis naskah yang dipublikasikan adalah naskah asli/orisinal hasil pengabdian kepada masyarakat, jurnal ini terbit dalam 6 ...