Pada makalah ini akan dibahas permasalahan lalu lintas yang terjadi akibat perubahan tataguna lahan, baik perubahan kategori maupun intensitasnya. Tujuannya adalah menganalisis dampak lalu lintas akibat pembangunan Apartemen Puncak Darmahusada Surabaya. Metode penelitian ini diawali dengan pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer meliputi survei lapangan, geometrik ruas jalan, volume arus lalu lintas, dan pengaturan lampu lalu lintas. Adapun data sekunder meliputi batas administratif, data jaringan jalan, data karakteristik bangunan gedung, dan model pergerakan dari bangunan sejenis. Setelah itu, dilakukan analisis kinerja ruas jalan dan persimpangan sesuai MKJI 1997, dan analisis bangkitan dan tarikan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kondisi eksisting simpang bersinyal Jl. Dr. Ir. Soekarno – Jl. Mulyorejo dengan LOS F dan tundaan 510,74 det/smp. Pada simpang bersinyal Jl. Dr. Ir. Soekarno – Jl. Kalijudan pada kondisi eksisting menunjukkan LOS C dengan tundaan 20,18 det/smp. Kondisi eksisting simpang bersinyal Jl. Dr. Ir. Soekarno – Jl. Kenjeran menunjukkan LOS F dengan tundaan 94,35 det/smp. Rekomendasi untuk perbaikan kinerja adalah merubah fase dan waktu hijau pada simpang bersinyal Jl. Dr. Ir. Soekarno – Jl. Mulyorejo dan simpang bersinyal Jl. Dr. Ir. Soekarno – Jl. Kenjeran.
Copyrights © 2018