Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah
Vol 4, No 2 (2018)

PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS

Sabar Wiraguna (Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuni Maryuni (Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Eko Ribawati (Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir historis untuk materi Indonesia Merdeka pada siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Pandeglang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasy Experiment dengan desain penelitian Pretest Posttest  Control Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 325 terbagi dalam sepuluh kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 butir soal tes uraian dengan 5 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kemampuan berpikir historis kelas kontrol sebesar 51,31 sedangkan pada kelas eksperimen 58,83, posttest kemampuan berpikir historis kelas kontrol memperoleh nilai 62,33 sedangkan kelas eksperimen 70,16. Uji hipotesis preetest menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 5% diperoleh t(hitung) = 1,70 > t(tabel) = 1,67, sedangkan uji hipotesis posttest diperoleh t(hitung) = 2,44 > t(tabel) = 1,67 yang berarti H0 ditolak. Terdapat perbedaan pengaruh pada kedua kelas. Model learning cycle 5E bisa menjadi variasi model belajar. Model learning cycle 5E meningkatkan kemampuan  analisis serta mengidentifikasi kronologis peristiwa sejarah, sehingga membantu  mengembangkan tingkat ilmiah siswa dan proses pembelajaran lebih terarah dan bermakna.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Candrasangkala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of History Education Department in Faculty of Teacher Training and Education named Candrasangkala. In Indonesia Candrasangkala is the year of Saka as one of the influence of Hinduism. As a journal name, Candrasangkala is unique and closely related to history in terms of temporal aspects. ...