Kepercayaan diri merupakan kemampuan individu dalam mengungkapkan argumen atau pendapat di dalam suatu kelompok belajar. Namun, kepercayaan diri sering kurang diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran, karena dianggap kemampuan akademik lebih penting. Padahal kepercayaan diri merupakan salah satu faktor pendorong dalam mencapai keberhasilan baik secara akademik maupun non akademik dan salah satu upaya yang dapat meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan konseling kelompok. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Darussalam Aceh Besar dan untuk mengetahui pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Darussalam Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode penelitian pre-experimental designs dengan jenis desain kelompok one-group pretest-postest. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan skala kepercayaan diri, skala respon siswa dan lembar observasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji Wilcoxon pada skala kepercayaan diri dan menggunakan persentase pada skala respon dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Darussalam Aceh Besar, kemudian pelaksanaan konseling kelompok yang dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dalam konseling kelompok, sehingga siswa dapat memahami pentingnya meningkatkan kepercayaan diri.
Copyrights © 2016