Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan
Vol 3, No 3 (2018): Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan

PENGARUH SKILL PLAY TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK AUTISME USIA 3-6 TAHUN DI LEMBAGA RESTU BUNDA A PLUS PUSAT TERAPI TERPADU (INTEGRATED THERAPY CENTRE)

Iswanto Sastiawan (Unknown)
Ni Luh Putu Eka Sudiwati (Unknown)
Neni Maemunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Anak Autisme adalah anak yang mengalami suatu gangguan perkembangan yang komplek, biasanya muncul pada usia 1-3 tahun dengan gangguan komonikasi bahasa, kognitif, sosial dan fungsi adaptif, yang berdampak pada motorik halus. Salahsatu terapi untuk meningkatkan motorik halus anak autisme yaitu skill play dimana terapi ini mampu memberikan stimulasi fisik maupun mental pada anak autis selama dan sesudah diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Skill Play terhadap perkembangan motorik halus pada anak autisme usia 3-6 tahun di Lembaga Restu Bunda A Plus Pusat Terapi Terpadu (integrated therapy centre). Desain penelitian menggunakan pra-eksperimen (One-Group Pra test-post test Design). Sampel penelitian ini sebanyak 10 orang anak dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi komponen motorik. Metode analisa data menggunakan uji Mann Whitney. Dari hasil penelitian setengahnya (50%) mempunyai perkembangan motorik halus kurang sebelum diberikan skill play dan sebanyak sebagian besar (70%) mempunyai perkembangan motorik halus cukup setelah diberikan skill play. Hasil analisis didapatkan p value sebesar (0,004)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

fikes

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan ISSN 2527-9823(online) adalah jurnal berkala empat bulanan (April, Agustus, Desember) yang memuat berbagai artikel/naskah berupa hasil penelitian, studi kasus, hasil pemikiran, maupun karya tulis ilmiah oleh seluruh civitas profesi kesehatan mulai dari ...