DERIVATIF
Vol 6, No 1 (2012): Vol. 6 No. 1 April 2012

PEMODELAN KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Transportasi PT. Sriwijaya Air)

Suharto Suharto (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2012

Abstract

Memenangkan persaingan perusahaan maskapai penerbangan, terutama perusahaan yang dikelola oleh pihak swasta pada saat ini memang harus mampu bersaing dengan ketat. Persaingan itu tentu saja tidak hanya berlaku bagi perusahaan maskapai antar swasta, akan tetapi juga harus berhadapan dengan maskapai-maskapai milik negara yang memiliki fasilitas lebih kuat, serta kelebihan kemudahan yang tidak akan dimiliki oleh maskapai penerbangan swasta. Maskapai penerbangan Sriwijaya Air menerapkan salah satu strategi dengan cara memberikan pelayanan yang berkualitas. Karena dengan meningkatkan kualitas pelayanan, peluang memberikan jasa penerbangan sesuai dengan harapan pelanggan akan mudah dicapai.Permasalahan penelitian ini yakni apakah ada pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dan responsiveness, empathy, tangibles, terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari responsiveness, empathy, dan tangibles, terhadap kepuasan pelanggan.Analisis yang dipakai untuk menganalisis masalah penelitian ini yakni analysis path. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan menggunakan daftar pertanyaan terhadap responden sebanyak 100 orang. Data pendukung dilakukan dengan menggunakan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang dilihat dari dimensi indicator responsiveness, empathy, dan tangibles, baik secara langsung maupun tidak langsung mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan pelanggan. Dari keseluruhan variabel eksogen yang di gunakan dalam penelitian ini, variabel yang paling besar pengaruhnya adalah variabel responsiveness.Key Word: Responsiveness, Empathy, Tangibles, Kepuasan Pelanggan.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Derivatif includes articles on the results of research and scientific work with the scope of Economics, Management, Business, and Islamic Economic Studies. The Derivatif journal is managed by the Management Program, University Muhammadiyah of Metro, published by the Scientific Publication Unit ...