Jurnal Gemaedu
Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi

PENERAPAN PROSESI PILIH ACAK PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SISWA KELAS XII SMAN 1 CITEUREUP

Kurniawan, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Model Belajar kooperatif yang sering diterjemahkan sebagai belajar kelompok dilaksanakan untuk mengalihkan gaya mengajar yang teacher center menjadi student center. Peserta didik yang aktif dan guru hanya fasilitator. Antara siswa  akan terjadi aktivitas saling mendengarkan, saling bertannya, saling berbagi, saling memahami yang dapat berimplikasi kepada peningkatan pemahaman konsep. Bagi pelajar, belajar kelompok juga menambah motivasi belajar, menghilangkan kebosanan serta dapat meningkatkan komitmen belajar. Namun sayangnya hal-hal positif tersebut seringkali tidak terwujud. Seringkali anggota kelompok berbagi  dalam menyelesaikan tugas kelompok, maka mereka bekerja tanpa interaksi. Bahkan hal yang lebih buruk lagi, tugas kelompok hanya dikerjakan oleh anggota yang rajin dan dianggap pandai di antara mereka, sementara anggota lain hanya menjadi ‘macan kertas’. Harus dibuat suatu suasana  yang dapat membuat siswa memaksa dirinya sendiri dan memaksa anggota kelompoknya untuk terdorong berinteraksi dalam menyelesaikan tugas kelompok. Prosesi Pilih Acak dalam pembelajaran metode kooperatif dapat menciptakan suasana tersebut.

Copyrights © 2016