Jurnal Gemaedu
Vol 2 No 1 (2016): Daftar Isi

MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (Studi Kualitatif Deskriptif di Klinik Pendidikan MIPA Bogor)

Aminah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika realistik di Klinik Pendidikan MIPA Bogor. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di klinik Pendidikan MIPA Bogor. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumentasi yang bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana manajemen pembelajaran matematika nalaria realistik di KPM. Penelitian ini melalui serangkaian kegiatan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajarannalaria realistik yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan perbaikan pembelajaran matematika selanjutnya.   The purpose of this study to determine the process of planning, organizing, implementation, and evaluation of realistic mathematics learning in Mathematics Education Clinic Bogor. This research is classified as descriptive qualitative study conducted in Mathematics Education Clinic Bogor. Data collected through interviews, observation, and documentation study aimed to reveal how mathematics learning management nalaria realistic in KPM. This research through a series of activities includes planning, organizing, implementation, and evaluation. The results showed that the learning management nalaria realistic consisting of planning, organizing, and implementation to improve the quality of learning of mathematics and further mathematics learning improvement.

Copyrights © 2016