Jurnal Gemaedu
Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA (Eksperimen Pada SMA N di Bogor)

Sumitri, Sumitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2018

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model  pembelajaran Fisika terhdap pemahaman konsep dasar dalam pembelajaran Fisika khususnya untuk penyelesaian materi Suhu dan Kalor di kelas X SMA. Sampel berukuran 48 siswa yang diperoleh dengan tehnik sampling otomatis dari kelas sampel SMA N 2 Cibinong dan SMA N 4 Cibinong. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengadakan tes/ulangan harian dan menyebar angket. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, ANAVA dua arah. Uji statistik dipergunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep fisika dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung =15,634,  (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika dengan nilai sig 0,013  < 0,05 dan Fhitung =6,645,  (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaamn konsep fisika dengan nilai sig 0,953 > 0,05, (4) Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, maka sebagai guru fisika harus mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga hasil pemahaman konsep fisika siswa meningkat. Di samping itu guru dalam mengajarkan materi fisika harus menerapkan model pembelajaran yang tepat,salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning   The purpose of this study is to determine the effect of Physics learning model terhdap understanding of basic concepts in Physics learning, especially for the completion of materials Temperature and Heat in grade X SMA. Samples of 48 students were obtained by automatic sampling technique from sample class of SMA N 2 Cibinong and SMA N 4 Cibinong. Data collection was conducted by conducting daily tests / tests and dispatching questionnaires. Data analysis with descriptive statistic method, two way ANOVA. The statistical test used F test. The results showed that: (1) There is influence of learning model to understanding physics concept with sig 0,000 <0,05 and Fhitung = 15,634; (2) there is influence of learning motivation toward understanding physics concept with sig value 0,013 <0,05 and Fhitung = 6,645, (3) There is no influence of learning model interaction and learning motivation toward the concept of physics with the value of sig 0,953> 0,05, (4) Based on the result of this research, then as physics teacher must be able Increase students 'learning motivation, so that the students' understanding of the concepts of physics increases. In addition, teachers in teaching materials physics must apply the appropriate learning model, one of which is the model of learning Problem Based Learning

Copyrights © 2017