Jurnal Kolaboratif Sains
Vol 1, No 1 (2018): Oktober

MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI

Murni, Murni (Unknown)
Salam, Abdul (Unknown)
Samsidar, Samsidar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2018

Abstract

Masalah penelitian adalah apakah kemandirian anak dapat di tingkatkan dengan kegiatan Bermain Peran. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian melalui kegiatan Bermain pada kelompok B Paud Negeri Model Terpadu Madani. Kemandirian Belajar sangat penting untuk mendukung jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B Paud Negeri Model Terpadu Madani berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Lokasi Paud madani Jalan Soekarno Hata Astoria Kelurahan talise Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan dua kali pertemuan masing – masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah di uraikan sebelumnya di simpulkan bahwa kemandirian belajar  padapeserta didik Paud Negeri Model Terpadu Madani meningkat dengan kegiatan bermain peran. Hal ini dapat dilihat pada kenaikan frekuensi dan presentase yang terjadi pada kondisi awal dari 15 anak yang terampil hanya 5 anak atau (33%)  terdiri  dari 1 anak yang Berkembang Sangat Baik dan  4 anak yang Berkembang Sesuai Harapan  pada siklus I menjadi 11 anak atau (73%) terdiri dari 5 anak yang Berkembang Sangat Baik  dan 6 anak yang Berkembang Sesuai Harapan  dan pada siklus 2 meningkat  menjadi 14 anak atau  (93%) yang terdiri 12 anak yang Berkembang Sangat Baik dan 2 yang Berkembang Sesuai Harapan.

Copyrights © 2018