Jurnal Produksi Tanaman
Vol 6, No 7 (2018)

PENGARUH UKURAN LUBANG TANAM DAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF AWAL TANAMAN GAHARU (Aquilaria malaccensis L.)

Suwandono, Adi ( Department of Agronomy, Faculty of Agriculture, Universitas Brawijaya)
Hariyono, Didik ( Department of Agronomy, Faculty of Agriculture, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2019

Abstract

Pertumbuhan tanaman Gaharu (Aquilaria malaccensis L.) membutuhkan kondisi lingkungan yang sesuai untuk dapat tumbuh dengan baik sehingga tidak terjadi stagnasi. Ukuran lubang tanam yang lebih lebar dapat memberikan ruang bagi perakaran tanaman untuk mempermudah akar dalam memperoleh nutrisi yang dibutuhkan. Pupuk kandang juga berperan penting terhadap pertumbuhan tanaman dalam memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Penelitian bertujuan untuk mempelajari interaksi ukuran lubang tanam dan pupuk kandang dalam pertumbuhan vegetative awal tanaman gaharu. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juli 2016 di unit usaha akademik Agro Techno Park Universitas Brawijaya di desa Jatikerto, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Penelitian menggunakan percobaan faktorial yang disusun secara Rancangan Acak Kelompok dengan ukuran lubang tanam sebagai faktor pertama dan pupuk kandang sebagai faktor kedua. Data dianalisis menggunakan uji F pada taraf 5%, apabila terdapat pengaruh nyata dilanjutkan dengan menggunakan uji BNT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara ukuran lubang tanam dan pupuk kandang terdapat pada variabel jumlah daun pada umur 14 minggu setelah tanam, jumlah cabang baru dan jumlah daun gugur masing-masing pada umur 5 sampai 14 minggu setelah tanam. Pengaruh nyata perlakuan lubang tanam dan pupuk kandang terdapat pada variabel tinggi tanaman. Sedangkan pada pamareter lain tidak ditemukan interaksi maupun pengaruh nyata.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Produksi Tanaman adalah Jurnal Pertanian yang diterbitkan oleh Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya berisi hasil penelitian yang disusun oleh mahasiswa setelah menyelesaikan tugas akhir berupa ...