Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 3, No. 1, Juli-Desember 2018

PENGARUH PEER GROUP TERHADAP INTENSITAS PERILAKU BULLYING PADA USIA ANAK

Hardiyanti Rahmah (Sekolah Tinggi Ilmu Alquran Amuntai)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Pada masa usia TK dan Sekolah Dasar adalah masa dimana anak belajar banyak hal berdasarkan pengalaman yang dilihat di lingkungannya, baik lingkungan rumah maupun sekolah. Saat usia anak ini, mereka belajar dengan cepat dari peer groupnya, baik itu pembelajaran yang positif maupun negatif, termasuk perilaku bullying yang dipelajari anak dari temannya kemudian diikutinya. Bullying merupakan bentuk perilaku kekerasan fisik dan kekerasan psikologis (verbal dan non verbal). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer group terhadap perilaku bullying dan bagaimana dampaknya terhadap kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 122 orang dengan rentang usia 8 - 12 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F sig. 0,022 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,022 < 0,05), sehingga disimpulkan peer group memberikan pengaruh terhadap munculnya perilaku bullying pada anak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...