Lembaran Ilmu Kependidikan
Vol 47, No 1 (2018): April

PENGEMBANGAN MOVABLE BOOK BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Syafutri, Ridha (Unknown)
Soeharto, Soeharto (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2019

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu kemampuan yang digalakkan pada abad 21 dan pendidikan Indonesia ikut andil dengan diterapkannya Kurikulum 2013. Pengembangan berpikir kreatif mengalami kendala di lapangan salah satunya dikarenakan bahan ajar yang kurang mendukung, kurang menarik dan tidak interaktif.  Untuk itu dikembangkanlah sebuah penelitian dengan tujuan untuk menghasilkan movable book berbasis pendidikan multikultural yang valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983: 772) dengan sepuluh langkah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV di lima sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dinyatakan valid dan layak digunakan berdasarkan validasi ahli dan uji coba pada siswa. Kelayakan pada aspek media memperoleh skor 255 dengan kategori “baik”, aspek materi memperoleh skor 95 dengan kategori “baik”. Perolehan skor respon guru pada uji coba diperluas sebesar 116 dengan kategori “sangat baik”, perolehan skor respon siswa sebesar 37,95 dengan kategori “sangat baik”. Produk yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan hasil uji independent sample t-test menunjukkan taraf signifikansi 0,00 yang berarti < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa movable book berbasis pendidikan multikultural valid dan efektif digunakan sebagai suplemen pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar.

Copyrights © 2018