Phinisi Integration Review
Vol 2, No 1 (2019): Februari

Pengaruh Iklim Sekolah dan Kreativitas Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar IPS Peserta Didik di SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar

Hartinawanti Hartinawanti (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan (i) mengetahui pengaruh antara iklim sekolah terhadap prestasi belajar IPS; (ii) mengetahui pengaruh antara kreativitas pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS; dan (iii) mengetahui  pengaruh secara bersama-sama antara iklim sekolah dan kreativitas pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS di SD Kartika Jaya XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasinya adalah seluruh siswa SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar yang berjumlah 265 orang Tahun Ajaran 2018. Teknik penyampelan yang digunakan adalah multistage random sampling sehingga diperoleh sebanyak 159 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS, Hal ini menunjukkan bahwa jika iklim sekolah kondusif maka prestasi belajar peserta didik juga akan tinggi; kreativitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS, hal ini menunjukkan bahwa jika kreativitas pembelajaran tinggi maka prestasi belajar peserta didik juga tinggi; Iklim sekolah dan kreativitas pembelajaran bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS peserta didik di SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar, hal ini menunjukkan bahwa interaksi antara iklim sekolah dan kreativitas pembelajaran akan menunjukkan prestasi belajar peserta didik yang tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...