JABE (Journal of Applied Business and Economic)
Vol 1, No 3 (2015): JABE

IMPLEMENTASI STRATEGI CRM DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGUSAHA RETAIL BAHAN BANGUNAN (Studi kasus : Setu, Bekasi)

Budi Satria (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2017

Abstract

Pesatnya pembangunan perumahan belakangan terus menggairahkan minat pengusaha retail bahan bangunan untuk menggarap peluang bisnis tersebut. Untuk tetap bertahan dan berkembang, selain  strategi harga dengan memperkecil profit yang didapat agar dappat bersaing dengan pengusaha retail bahan bangunan yang lain, menjual produk lebih banyak dari pesaing, perusahaan juga harus melakukan strategi manajemen hubungan dengan konsumen (Customer Relationship Management)  yang merupakan kolaburasi antara  strategi marketing, komunikasi dan sistem informasi. Dengan metode deskriptif dan data yang didapat dari konsumen dan pengusaha retail bahan bangunan di Setu Bekasi, didapatkan hasil bahwa implementasi strategi  CRM dalam menjalankan bisnis khususnya bisnis retail bahan banguanan dengan tingkat persaingan yang cukup ketat merupakan hal yang mutlak untuk digunakan. Kemudahan dalam mencari informasi bagi konsumen sangat mendukung keberlanjutan bisnis. Hanya saja kenyataanya masih ada beberapa  pengusaha retail bahan bangunan Setu Bekasi  yang belum sepenuhnya mengimplementasikan strategi CRM tersebut. Oleh sebab itu edukasi dan penginformasi tentang pentingnya pelaksanaan CRM perlu disebar luaskan.   

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JABE

Publisher

Subject

Description

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a journal published by Universitas Indraprasta PGRI, issued four times in one year. JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a scientific publication in the form of conceptual paper and field research related to business and economic ...