JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Vol 3, No 1 (2018): September 2018

INTERAKSI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIK SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Eva Margaretha Saragih (universitas asahan)
anim anim (universitas asahan)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat interaksi  antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Jenis penelitian ini adalah semi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al-Istiqomah Kec. Tanah Jawa.  Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas eksperimen yaitu kelompok eksperimen 1 kelas X  SMK TKJ dengan jumlah 34 orang dan kelompok Eksperimen 2 kelas X TKR dengan jumlah 34 orang. Hasil analisis data terhadap tes kemampuan awal, tes kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Selanjutnya untuk menjawab rumusan masalah digunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil perhitungan ANAVA didapat kesimpulan bahwa: Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Interaksi, kemampuan Awal, komunikasi matematis

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in ...