AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model stop think do dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengetahui apakah peningkatan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 1 Silau Laut Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket motivasi, tes dan observasi 20 pertanyaan disertai alternatif jawaban. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata motivasi belajar siswa sebelum dilakukan model Stop Think Do rendah yaitu 59,12%. Setelah model Stop Think Do diberikan rata-rata tingkat motivasi belajar siswa tinggi yaitu 82,92%. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan Stop Think Do rendah, yaitu hanya 50,10 %. Setelah model Stop Think Do diberikan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 86,85%. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil observasi aktivitas guru diperoleh bahwa proses pelaksanaan pembelajaran yang dlakukan mencapai 85,5%. Ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata untuk aspek observasi aktivitas mengajar guru pada pembelajaran berjalan dengan baik. Kata kunci: stop think do, motivasi belajar
Copyrights © 2016