JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Vol 1, No 1 (2016): September 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STOP THINK DO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Syahriani Sirait (Universitas Asahan, Jl. Jend Ahmad Yani Kisaran)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2017

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model stop think do dapat meningkatkan motivasi  belajar siswa dan mengetahui apakah peningkatan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 1 Silau Laut Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah  siswa kelas VIII1. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket motivasi, tes dan observasi 20 pertanyaan disertai alternatif jawaban. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata motivasi belajar siswa sebelum dilakukan model Stop Think Do rendah yaitu 59,12%. Setelah model Stop Think Do diberikan rata-rata tingkat motivasi belajar siswa tinggi yaitu 82,92%. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan Stop Think Do rendah, yaitu hanya 50,10 %. Setelah model Stop Think Do diberikan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 86,85%. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil observasi aktivitas guru diperoleh bahwa proses pelaksanaan pembelajaran yang dlakukan mencapai 85,5%. Ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata untuk aspek observasi aktivitas mengajar guru pada pembelajaran berjalan dengan baik. Kata kunci: stop think do, motivasi belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in ...