Jurnal Mitra Pendidikan
Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli

PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SD

Ella Ella (universitas kristen satya wacana)
Henny Dewi Koeswanti (Universitas Kristen Satya Wacana)
Sri Giarti (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Inquiry di kelas 4 SD pada gugus Sultan Agung dan Gugus Teuku Umar yang dilakukan pada bulan April tanggal 12 sampai 18 April 2018 . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu menggunakan desain Non-equivalent control group design. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen test yang telah dilakukan uji reliabilitas dan uji validitas item soalnya. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Ttest pada hasil belajar matematika memperoleh Fhitung sebesar 2,963 dengan taraf signifikansi/probabilitas sebesar 0,088. Dikarenakan 2,963 > 0,088 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya hasil ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model Problem Solving dan Inquiry. Hasil tersebut didukung dengan rerata hasil yang diperoleh menggunakan model pembelajaran problem solving sebesar 63,86 dan model pembelajaran Inquiry sebesar 69,63. Kesimpulannya adalah hasil belajar yang diperoleh menggunakan model Inquiry lebih tinggi dari model Problem Solving. Dari hasil diatas penelitian ini disaran kan agar para guru menggunakan model pembelajaran Inquiry.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

e-jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan ...