Jurnal Mitra Pendidikan
Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari

PENGEMBANGAN DESAIN DANANALISIS “STREET ART” DALAM PERSPEKTIF INTERAKSIONIS SIMBOLIK (Studi Masyarakat Urban di Kota Malang)

Fatmawati Fatmawati (IKIP Budi Utomo Malang)
Rizki Agung Novariyanto (IKIP BUDI UTOMO MALANG)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Perkembangan Street Art sebagai karya seni masyarakat urban mudah dijumpai di semua kota-kota besar di Indonesia. Wilayah Malang dikenal sebagai kota pendidikan dan kota wisata, tidak dapat terhindar dari perkembangan aliran seni Street Art. Dengan melekatnya kota pendidikan dan kota wisata, maka akan mempengaruhi pola kehidupan masyarakat di kota Malang. Fenomena perkembangan Street Art di kota Malang inilah yang menjadi alasan penulis untuk meneliti berkaitan dengan desain dan analisis Street Art yang dipandang dalam konsep interaksionisme simbolik. Pendekatan dalam interaksionisme Simbolik menekankan kepada kemampuan mental para aktor dalam kaitannya dengan tindakan dan interaksinya dalam berproses. Dalam kaitannya dengan karya seni Street Art mempunyai fungsi sebagai pelampiasan diri dalam menanggapi realitas kehidupan masyarakat secara umum. Dalam Street Art dipandang sebagai pelampiasan unsur persepsi pikiran masyarakat dipandang sebagai obyek dan subyek.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

e-jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan ...