Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1 (2017): Juni 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Hartoyo, Masbudi (Unknown)
Sahputra, Rachmat (Unknown)
Etiovia, Rosalyna Yoesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Abstrak: The purpose of this research was to: 1) Describe the studentlearning outcomes of Mathematics subject, especially after theimplementation of cooperative learning Model type Jigsaw on scientificapproaches; 2) Describe the student learning outcomes of Mathematicssubject, after the implementation of everyday learning model; 3) Observe thedifference in learning outcomes of matematics subject with cooperativelearning method type Jigsaw on the implementation the scientific approach ofeveryday learning. This research was using the pre experimental design withOne Group Pre-Test Post-Test Design. In this study the design of theexperimental and control group were not chosen randomly.The population andsample this research in this study were all five grade students SDS SungaiKehidupan Manggala . The instrument used in this was a objectif test that ismultiplechoice type. The validity and reliability were tested by using thevalidity Product Moment and the equation of coefficient Alpha. Furthermore,the assumption and normality test were using Liliefors test, and linearity test.In the final stage the data analysis test was using the T-test (hypothesis test) inorder to find out the comparison the learning outcome before and after beinggive the treatment. The value of the average grade given outcomes aftertreatment with jigsaw cooperative learning model based scientific approachesof 85.65. Based on data analysis, especially hipotesi test (t-test) at significancelevel of 5% dk = n - 2 = 16-2 = 14 price obtained ttabel 2,145 and thitungprice using the formula of 9.330. Based on these it mean thitung = 9,330 >ttabel = 2,145. Thereby takeable results it can be concluded that Ha acceptedthat cooperative learning model jigsaw influential scientific approach basedon learning outcomes math class V SDS Sungai Kehidupan Manggala that isevidenced by the difference in the average value of classroom learningoutcomes after treatmentKeywords: Implementation of Jigsaw type, the Scientific Approach, learningoutcomes of Mathematics Subject.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan hasil belajarsiswa dalam pembelajaran Matematika setelah di terapkan modelpembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis pendekatan saintifik; 2)Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika setelahdi terapkan model pembelajaran yang rutin dilakukan; 3) Mengamati pengaruh hasil belajar matematika yang diterapkan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis pendekatan saintifik danpenerapan model pembelajaran yang sudah rutin dilakukan. Jenis Penelitianini adalah pre ekperimen design yaitu menggunakan bentuk One Group PreTest Post-Test Design penelitian. Dalam desain penelitian ini tidak terdapatkelompok kontrol tetapi hanya kelompok eksperimen. Populasi dan sampeldalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDS Sungai Kehidupan.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif yaitupilihan ganda. Untuk menguji kevalidan dan reliabel suatu soal menggunakanValiditas Korelasi Product Moment dan Persamaan Koofisien Alpha.Selanjutnya, untuk melakukan uji asumsi dengan uji normalitas menggunakanuji Liliefors dan uji Linieritas. Dan pada tahap akhir uji analisis data, akan dilakukan uji t (Hipotesis) untuk mengetahui perbandingan antara bagaimanahasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Adapun hasilbelajar setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw berbasis pendekatan saintifik sebesar 85,65. Berdasarkan analisisdata khususnya uji hipotesi (uji-t) pada taraf signifikansi 5% dk = n – 2 = 16– 2 = 14 didapat harga ttabel sebesar 2,145 dan harga thitung denganmengunakan rumus sebesar 9,330. Berdasarkan hasil tersebut berarti thitung =9,330 > ttabel = 2,145. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Haditerima yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasispendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas VSDS Sungai Kehidupan yang dibuktikan dengan adanya perbedaan hasilbelajar sesudah perlakuan.Kata kunci: Penerapan Tipe Jigsaw, Pendekatan Saintifik dan Hasil BelajarMatematika Siswa.

Copyrights © 2017