Pengerjaan proyek Sistem Informasi masih mengalami kegagalan dan kerugian dalam beberapa tahun belakangan ini. Maka dari itu pemahaman konsep Manajemen Proyek haruslah diajarkan dalam perkuliahan. Dari hasil analisa perkuliahan yang diadakan pada perguruan tinggi swasta X di Jakarta selama sepuluh tahun silam ini menunjukkan kesenjangan antara hasil belajar harian dengan nilai ujian yang mahasiswa dapatkan. Sehingga harus ada sebuah proses belajar baru yang memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap konsep Manajemen Proyek. Metode Self-Regulated Learning (SRL) berfokus pada pembelajaran mandiri melalui metakognisi, motivasi, pengaturan diri, dan evaluasi diri. Untuk mendorong proses belajar tersebut membutuhkan sebuah alat bantu dalam proses belajar. Spesifikasi alat belajar tersebut membutuhkan terciptanya proses metakognisi dengan mengarahkan langkah-langkah belajar secara jelas dan memotivasi siswa dengan penggunaan alat belajar yang intuitif. Hasilnya adalah software belajar yang secara eksplisit membantu proses belajar dengan menghasilkan dokumen proyek untuk membantu pemahaman konsep Manajemen Proyek dan antarmuka pengguna yang interaktif dan mudah digunakan untuk memotivasi proses belajar.
Copyrights © 2018