Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP)
Vol 5 No 3 (2018): Vol 5 No 3 (2018)

Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Puzzele Pada Siswa Kelas 5 SDN Sidorejo Kidul 2

., Slameto (Unknown)
Setyaningtyas, Eunice Widyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan keaktifan siswa yang kurang memuaskan. Subyek penelitian siswa kelas 5 SD N Sidorejo Kidul 2, dengan siswa 27 orang. Materi pembelajaran tematik Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia, Sub Tema 2, Manusia dan Lingkungan pada pembelajaran 2. Penelitian dilaksanakan melalui II siklus yaitu siklus I dan II, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian, tingkat ketuntasan siswa pada kondisi awal mencapai 10 siswa (37%), meningkat pada siklus I mencapai 14 siswa (52%), kembali meningkat menjadi 23 siswa (85%). Untuk tingkat keaktifan siswa pada kondisi awal mencapai 12 siswa (44%), siklus I meningkat menjadi 18 siswa (66%), siklus II mencapai 24 siswa (88%) Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan keaktifan siswa dapat meningkat metode pembelajaran Discovery Learning berbantuan Puzzele

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan ini memuat karya hasil penelitian, kajian teori pendidikan khususnya pembelajaran dan tulisan tentang pengembangan dan inovasi pendidikan dan pembelajaran.Terbit 4 (empat) bulan ...