Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik sekolah efektif berdasarkan indikator untuk peningkatan mutu pendidikan. Berdasarkan permasalahan, hasil dan pembahasan penelitian dapat dibuat beberapa kesimpulan yang berkaitan dengan karakteristik sekolah efektif sebagai faktor determinan peningkatan mutu pendidikan pada sekolah dasar di Kota Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik sekolah efektif berdasarkan indikator (1) administrasi dan manajemen sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan; (2) kepemimpinan kepala sekolah dan kepengawasan; (3) kurikulum dan pemebelajaran ditandai dengan inovasi pembelajaran yang mampu mengoptimalkan seluruh sumber belajar yang dimiliki; (4) organisasi kelembagaan pendukung untuk peningkatan mutu pendidikan, yaitu (a) pembagian tugas dan kewenangan yang jelas, (b) ada unti penjaminan mutu; (5) sarana; (6) ketenagaan untuk peningkatan mutu pendidikan yaitu memilki jumlah guru yang cukup, memiliki kompetensi mengajar sesuai keahliannya dan berkualifikasi pendidikan minimal S1 serta memilki akta mengajar IV; (7) pembiayaan dan pendanaan pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan; (8) kesiswaan/peserta didik untuk peningkatan mutu pendidikan, pembinaan kecerdasan emosional dan spritual (ESQ) yang intensif; (9) peranserta masyarakatt untuk peningkatan mutu pendidikan, yaitu sekolah yang melibatkan masyarakat dalam pengembangan sekolah.
Copyrights © 2016