ALQALAM
Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH

Rustam Rustam (Universitas Terbuka, Jakarta)
Tati Rajati (Universitas Terbuka, Jakarta)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2008

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa pada mata pelqaran matematika dan secara khusus bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar materi geometri jika menggunakan sumber belajar yang ada di lingkungan siswa dan untuk mengetahui dampak penggunaan sumber belqar yang ada di lingkrmgan siswa terhadap pemahaman konsep geometri.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Athfal Jabon Mekar. Metode dalam memperoleh data untuk mennjawab permasalahan yaitu metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus tindakan. Adapun pengumpulan data diperoleh melalui tes, wawancara, dan observasi lapangan. Selanjutnya dilakukan pengelompokan data, validasi data, interpretasi data, dan tindakan.Hasil penelitian ini adalah: (1) proses pembelajaran. dengan menggunakan sumber belajar atau alat peraga yang berasal dari lingkungan dapat memperbaiki kesalahan dan memperjelas konsep geometri; (2) meningkatkan prestasi siswa, dalam kasus ini prestasi siswa meningkat dari rata-rata 6,42 menjadi 8,21 dalam skala 10.Kata Kunci: Madrasah Ibitidaiyah, MI Miftahul Athjal Jabon Mekar, Konsep Geometri, pendekatan lingkungan

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

ALQALAM (e-ISSN: 2620-598X; p-ISSN: 1410-3222) is a journal published by the Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-INDONESIA. ALQALAM is an academic journal published twice a year (every six months). ALQALAM had been accreditated by Ministry of Education ...