Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 4, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Kontribusi Peralatan Bengkel dan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Praktik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI TKR di SMK Negeri Sumatera Selatan

anggie marsyaelina (Unknown)
harlin harlin (Unknown)
Imam Syofii (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi peralatan bengkel dan peran guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Negeri Sumatera Selatan. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengetahui seberapa besar kontribusi tersebut. Variabel pada penelitian ini adalah peralatan bengkel (X1), peran guru (X2) dan hasil belajar siswa (Y). Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan sample jenuh. Sampel penelitian adalah kelas XI TKR. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kontribusi peralatan bengkel sebesar 81% terhadap hasil belajar siswa dan kontribusi peran guru sebesar 86% terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil uji hipotesis didapat nilai Fhitung = ? (tak terhingga)dan nilai Ftabel = 3,33, ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel atau tak hingga (?) > 3,33. Jadi Ha diterima H0 ditolak. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada konstribusi positif signifikan peralatan bengkel dan peran guru terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ptm

Publisher

Subject

Automotive Engineering Education Engineering Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN: Kajian Teori dan Praktik Pembelajaran Teknik Mesin, merupakan Berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang pembelajaran teknik ...