Al Tijarah
Vol 4, No 2 (2018): Desember 2018

Pengaruh Citra Perguruan Tinggi dan Kompetensi Dosen terhadap Loyalitas Mahasiswa melalui Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi pada IKIP PGRI Bojonegoro)

Ali . Mujahidin (Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro)
Fifi . Zuhriah (Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro)
Ifa . Khoirianingrum (Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh langsung citra perguruan tinggi dan kompetensi dosen terhadap kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa. Penelitian ini juga menguji dan menganalisis pengaruh tidak langsung citra perguruan tinggi dan kompetensi dosen terhadap loyalitas mahasiswa dengan kepuasan mahasiswa sebagai variabel mediasi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro metode pengambilan sampel simple random sampling. Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode dan alat analisis adalah untuk menguji hipotesis adalah Path Analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra perguruan tinggi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, kompetensi dosen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, citra perguruan tinggi tidak berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa, kompetensi dosen tidak berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa, kepuasan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, serta kepuasan mahasiswa memediasi citra perguruan tinggi terhadap loyalitas mahasiswa, dan kepuasan mahasiswa memediasi pengaruh kompetensi dosen terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

altijarah

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Al Tijarah is a semiannually journal published by Department of Management, Faculty of Economics and Management, University of Darussalam Gontor. In line with the objective of the Department and the University, the journal is committed to the development and promotion of contemporary issues in ...