JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 5, No 1: Februari 2018

ANALISIS MISKONSEPSI MATERI CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA SISWA KELAS VI SD

Novita Cahyatul Uriyah (Universitas Jember)
Nuriman Nuriman (Universitas Jember)
Fajar Surya Hutama (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2018

Abstract

Salah satu materi IPA adalah perkembangbiakan tumbuhan. Materi ini diakui guru sulit untuk disampaikan karena padat dan memerlukan banyak pengamatan. Kesulitan itu juga dirasakan oleh siswa, sehingga tidak jarang materi ini adalah materi yang sering dimiskonsepsikan oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat miskonsepsi materi perkembangbiakan tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kelas VI SDN Jember Kidul 02 yang berjumlah 41 siswa. Penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI). Jawaban siswa dianalisis perindividu lalu dihitung persentase miskonsepsi. Metode CRI efektif dalam mengidentifikasi siswa yang mengalami miskonsepsi karena banyak sekali siswa yang menjawab soal dengan pengetahuannya sendiri, tetapi jawaban yang siswa berikan itu adalah jawaban yang salah (jawaban pengecoh). Siswa kelas VI SDN Jember Kidul 02 mengalami miskonsepsi materi perkembangbiakan tumbuhan dengan persentase 50,11%. Persentase tersebut dikategorikan sedang. Miskonsepsi tertinggi pada materi menjelaskan bunga sempurna yaitu sebesar 97,56%, sedangkan terendah pada materi mengidentifikasi perantara penyerbukan oleh serangga berdasarkan ciri-ciri bunga yaitu sebesar 7,32%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPSD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) dengan ISSN : 2356-3869 (printed) e-ISSN: 2614-0136. JPSD mempublikasikan makalah yang berisi hasil penelitian tentang pendidikan dasar, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, pengajaran sekolah dasar. Naskah akan diterbitkan 2 kali ...