Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies
Vol 3 No 1 (2019): Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies

The Development of Translation Capability for the Holy Quran of Student of Teacher Candidate for Islamic Religious Education: A Tamyiz Learning and Teaching Strategy

Aam Abdussalam (Universitas Pendidikan Indonesia)
Saepul Anwar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Anwar Taufik Rahmat (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2019

Abstract

Telah menjadi suatu Isu Global bahwa kualitas pendidikan tidak akan pernah melebihi kualitas guru. Karenanya, peningkatan kualitas guru harus menjadi prioritas utama setiap pihak yang berkepentingan akan kualitas pendidikan, termasuk pendidikan agama di sekolah. Atas dasar itulah, peningkatan kualitas guru PAI perlu menjadi prioritas setiap lembaga pendidikan yang mencetak calon-calon guru agama, salah satunya program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam (IPAI) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai bagian dari upaya peningkatan pendidikan agama di sekolah. Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki guru PAI adalah kemampuan menerjemahkan Alquran. Terkait hal tersebut, tulisan ini secara khusus mendeskripsikan bagaimana implementasi metode tamyîz dalam perkuliahan Ulum Alquran di Prodi IPAI, UPI sebagai upaya membekali kemampuan menerjemahkan Alquran kepada para mahasiswa sebagai calon guru PAI. Metode Tamyîz merupakan metode inovatif dalam belajar bahasa Arab yang dikembangkan oleh Abaza, M.M. Sekaitan dengan hal tersebu, pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

hayula

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies published two times a year since 2017, is a multilingual (Bahasa, English, and Arabic), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic studies. The aim is to provide readers with a better understanding of Islamic Studies and present ...