Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 5, No 2 (2018): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH GELOMBANG BERBASIS STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

Sudirman Sudirman (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)
Kistiono Kistiono (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)
Taufiq Taufiq (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2019

Abstract

Telah dihasilkan modul mata kuliah Gelombang berbasis STEM yang telah dilakukan dan diujicobakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika angkatan 2016 Universitas Sriwijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul mata kuliah Gelombang berbasis STEM yang valid dan praktis. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan produk oleh Rowntree dan pada tahap evaluasi peneliti menggunakan prosedur evaluasi formatif dari Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Kevalidan modul ini dinilai oleh ahli dari tiga aspek yakni aspek isi (content), aspek desain dan aspek bahasa. Hasil validasi dari ahlidiperoleh rata-rata 87,5 dengan katogori valid. Untuk aspek kepraktisan modul diperoleh melalui angket pada one to one evalution dan small group evalution dengan nilai rata-rata 86,75 dengan kategori praktis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...