Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 4 (2018): November

UPAYA GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK

Badratun . Nafis (Mahasiswa Angkatan 2014 PG AUD FKIP UNSYIAH)
M Yusuf Harun (Dosen FKIP UNSYIAH)
Rosmiati . . (Dosen FKIP UNSYIAH)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2019

Abstract

Pada usia 4-6 tahun seharusnya anak sudah terbiasa memahami bentuk-bentuk disiplin seperti bersabar menunggu giliran, memahami peraturan dan disiplin, mengatur diri sendiri, serta mengikuti arahan dan aturan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan karakter disiplin kepada peserta didik serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan karakter disiplin kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data penelitian dari subjek penelitian. Data yang telah peneliti dapatkan dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data sampai penarikan kesimpulan. Pengumpulan data diperoleh dari subjek dan objek penelitian yaitu guru dan peserta didik di kelas B3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan karakter disiplin kepada peserta didik belum optimal, hal ini dikarenakan jumlah peserta didik dalam satu kelas mencapai 48 orang sehingga membuat guru tidak mudah memberikan arahan kepada peserta didik. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini  seharusnya rasio guru dan peserta didik adalah 1:15 dalam satu kelas, yaitu dengan ukuran ruang kelas minimal 3 m2 untuk 1 peserta didik.Kata Kunci : guru PAUD, karakter, peserta didik

Copyrights © 2018