Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media sosial sebagai penunjang dalam perkuliahan serta dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial tersebut dalam perkuliahan mata kuliah anggaran perusahaan di program studi Pendidikan Akuntansi FPEB UPI. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain one group only design dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dengan instrumen lembar pengamatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial (khusunya facebook) dapat menjadi penunjang yang efektif dalam proses perkuliahan karena aktivitas belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Facebook dapat mengatasi permasalahan ruang dan waktu yang terbatas di dalam kelas. Mahasiswa dan dosen dapat melanjutkan interaksi perkuliahan secara online untuk membahas permasalahan terkait materi perkuliahan. Mahasiswa dapat menanyakan dan mengemukakan pendapat serta saling membantu dalam memahami materi perkuliahan. Penggunaan facebook sebagai penunjang dalam perkuliahan akan memberikan dampak yang positif apabila dikelola dengan baik dan diberikan batasan-batasan yang jelas dalam melakukan interaksi, karena dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih aktif sehingga mempermudah mereka dalam memahami materi melalui intensitas komunikasi dan interaksi yang dilakukan di luar jam perkuliahan.Kata Kunci : Media Sosial, Penunjang Perkuliahan
Copyrights © 2015