Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENUNJANG DALAM PEKULIAHAN ANGGARAN PERUSAHAAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI

Mulyani, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media sosial sebagai penunjang dalam perkuliahan serta dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial tersebut dalam perkuliahan mata kuliah anggaran perusahaan di program studi Pendidikan Akuntansi FPEB UPI. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain one group only design dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dengan instrumen lembar pengamatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan  media sosial (khusunya facebook)  dapat menjadi penunjang yang efektif dalam  proses  perkuliahan  karena aktivitas belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Facebook  dapat mengatasi permasalahan ruang dan waktu yang  terbatas di dalam  kelas. Mahasiswa dan dosen  dapat  melanjutkan  interaksi  perkuliahan  secara online untuk  membahas permasalahan terkait  materi perkuliahan. Mahasiswa dapat menanyakan  dan  mengemukakan  pendapat  serta saling membantu dalam memahami materi perkuliahan. Penggunaan facebook sebagai penunjang dalam perkuliahan akan memberikan dampak yang positif apabila dikelola dengan baik dan diberikan batasan-batasan yang jelas dalam  melakukan interaksi, karena  dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih aktif sehingga mempermudah mereka dalam memahami materi melalui intensitas komunikasi dan interaksi yang dilakukan di luar jam perkuliahan.Kata Kunci : Media Sosial, Penunjang Perkuliahan

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPAK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Publishes papers in the field of accounting and finance of Education that give a contribution to the development of accounting education, accounting science, and finance. We accept mainly research-based articles related to accounting science and finance. The ...