Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 5 Selebung Ketangga tahun pelajaran 2016 / 2017. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN 5 Selebung Ketangga tahun pelajaran 2016 / 2017. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas VB sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VA sebagai kelas kontrol. Design penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 2,269>2,002 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 5 Selebung Ketangga Tahun Pelajaran 2016 / 2017.
Copyrights © 2017