Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Bioterdidik

Penggunaan Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi

Fiska Fatrisia Kusuma (Unknown)
Tri Jalmo (Unknown)
Berti Yolida (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2019

Abstract

This research aims were to explore information about the use of discovery learning model in improving students’s collaboration and high order thinking skills (HOTS). The design used was a quasi experiment with nonequivalent pretest-posttest control group design. The research sample of this study were students of Junior High School 22 Bandar Lampung VIIA as control class and VIIB as experimental class taken used purposive sampling technique. Collaborative skill was obtained from collaboration observation sheet and high order thinking skill obtained from pretest-posttest scores. The results showed that the use of discovery learning could improve student collaboration skills with the collaboration score of experimental group categorized good and discovery learning model also significantly improved student's high order thinking skills with N-gain of experimental group's that was higher than control group. So it can be concluded that the used of discovery learning influenced the improvement of collaboration skills and significantly increased in high order thinking skills of students. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang penggunaan model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain pretes-postes kelompok non-ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 22 Bandar Lampung kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VIIF sebagai kelas eksperimen diambil menggunakan teknik purposive sampling. keterampilan kolaborasi diperoleh dari lembar observasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik diperoleh dari nilai pretes-postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dengan kriteria baik dan model discovery learning juga meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik secara signifikan dengan N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didikKata kunci: discovery learning, HOTS, keterampilan kolaborasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...