Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Bioterdidik

Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi

Tri Jalmo (Unknown)
Dwi Fitriyani (Lampung University)
Berti Yolida (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2019

Abstract

This study aims to determine the use of problem based learning (PBL) model to enhance students collaboration and high order thinking skill. 56 students from two classes was used as sample using purposive sampling technique. Quasi experimental design with pretest-postest control group was used in this research. Collaboration skills data were measured using observation sheets which were analyzed by calculating the average value. Data of high order thinking skill were measured using test instrument analyzed by calculating N-gain and T-test. The result of collaboration and high order thinking data analysis were obtained from experimental class that were higher than the control class. The result showed that problem based lerning (PBL) model can improved collaboration and high order thinking skill of student.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Sampel penelitian ini sebanyak 56 peserta didik terbagi atas dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pretes-Postes kelompok kontrol. Data keterampilan kolaborasi diukur menggunakan lembar observasi yang dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata. Data keterampilan berpikir tingkat tinggi diukur menggunakan intsrumen tes yang dianalisis dengan menghitung N-gain dan uji T-test. Hasil analisis data kolaborasi maupun berpikir tingkat tinggi yang didapatkan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci: berpikir tingkat tinggi, kolaborasi, problem based learning

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...