Paradigma
Vol 21, No 1 (2019): Periode Maret 2019

Meningkatkan Psikomotorik Anak Berbasis Animasi Huruf Hijaiyah Dengan Metode Follow The Line

Sriyadi Sriyadi (Universitas Bina Sarana Informatika)
Haryanto Haryanto (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2019

Abstract

Belajar mengenal dan membaca huruf hijaiyah yang merupakan dasar untuk membaca dan mempelajari kitab suci Al-Qur’an sejak dini. Metode belajar Al-Qur’an yang banyak digunakan lebih pada pengenalan huruf hijaiyah dengan cara membaca. Sehingga anak-anak merasa sulit pada saat diminta menulis huruf hijaiyah. Metode Follow the line merupakan suatu cara belajar yang dilakukan dengan menggabungkan kegiatan belajar dan gerak psikomotorik dari anak. Metode yang  sederhana ini dilakukan dengan cara  menebalkan huruf hijaiyah  yang telah tercetak samar-samar menjadi huruf tebal. Dalam proses penebalan huruf ini tentunya akan melatih anak untuk  sabar dan lebih teliti. Dengan menulis maka anak sekaligus juga membaca huruf tersebut. Yang sekaligus  akan melatih gerak dari anggota badan anak seperti tangan, mata dan bagian badan lainnya akan lebih aktif lagi.  Dengan demikian hal tersebut akan semakin meningkatkan kemampuan psikomotorik anak. Animasi yang digunakan juga akan lebih menarik minat anak untuk belajar Al-Qur’an.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The first Paradigma Journal was published in 2006, with the registration of the ISSN from LIPI Indonesia. The Paradigma Journal is intended as a media for scientific studies of research, thought and analysis-critical issues on Computer Science, Information Systems and Information Technology, both ...