Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia
Vol 2, No 2 (2015)

PENGEMBANGAN BUTIR SOAL TES KINERJA PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA BERDASARKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Muhammad Merlis (Unknown)
H Hartono (Universitas Sriwijaya)
Effendi Nawawi (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan butir soal dan rubrik penilaian tes kinerja berdasarkan keterampilan proses sains dasar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (development research). Model yang digunakan mengikuti model pengembangan tes yang terdiri dari tahap Defining the test universe, audience, and purpose; Developing a test; Revising the test; dan Validation the test. Produk yang dihasilkan diuji coba kepada guru dan 31 siswa kelas XI MIA di SMA Srijaya Negara Palembang. Hasil yang diperloleh menyatakan bahwa produk yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis dengan persen kepraktisan rata-rata mencapai 76%, dan memenuhi kriteria reliabel dengan nilai alpa cronbach sebesar 0,727. Validator menyatakan produk yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Validitas empiris yang diperoleh dari nilai hasil tes menunjukkan bahwa produk termasuk dalam kategori valid.

Copyrights © 2015