Jurnal TAMBORA
Vol 1 No 2 (2016): EDISI 1

PELATIHAN KOMUNIKASI MEDIATIF (KOMEDIATIF) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PESERTA DIDIK DI KELAS)

Erliana, Yossy Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2016

Abstract

Komunikasi merupakan unsur terpenting dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, sebagian guru matematika di sekolah menengah pertama negeri di Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa NTB memiliki masalah terkait salah satu aspek kompetensi pedagogik yaitu kurangnya kemampuan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru tentang komunikasi interpersonal dan mengukur perbedaan kemampuan komunikasi interpersonal guru antara sebelum dan setelah Pelatihan Komunikasi Mediatif. Setelah melalui uji  validitas dan reliabilitas, skala diberikan kepada peserta didik dalam tigas tahap, yaitu pretest, posttest dan follow up. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t-berpasangan, uji peringkat-bertanda Wilcoxon dan uji McNemar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi interpersonal guru antara sebelum pelatihan (pretest) dengan setelah pelatihan (posttest) dan antara sebelum pelatihan (pretest) dengan tindak lanjut pelatihan (follow-up). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada saat sebelum pelatihan sekitar 70% guru memiliki kemampuan interpersonal kategori sedang dan pada saat setelah pelatihan dan tindak lanjut pelatihan 72% guru memiliki kemampuan interpersonal tinggi. Skor skala posttest dan follow-up yang relatif sama menunjukkan bahwa para guru tetap konsisten menerapkan prinsip-prinsip komunikasi mediatif dalam proses pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2016