cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sumbawa,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Articles 225 Documents
JALAN MENUJU SURGA (Anak Muda, Media Sosial & Komunitas Sosial di Sumbawa) Arzak, Miftahul
Jurnal TAMBORA Vol 1 No 2 (2016): EDISI 1
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.111 KB)

Abstract

Komunitas sosial yang digerakkan oleh anak muda semakin berkembang & dikenal ketika media sosial mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Informasi, promosi & kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan ditampilkan di media sosial sebagai ajang tontonan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perilaku-perilaku anak muda dalam menggunakan media sosial saat menginformasikan tentang komunitas sosial yang mereka ikuti. Menurut Sigmunt Freud, anak muda merupakan fase dimana seseorang masih dianggap sebagai seorang anak-anak, namun telah diberikan tanggung jawab sebagai orang dewasa. Fase tersebut akhirnya membuat mereka ingin melakukan pembuktian dengan menunjukkan dirinya di tengah masyarakat, salah satunya dengan kegiatan sosial. Akhirnya, komunitas-komunitas sosial tersebut tidak hanya menjadi lokasi pembuktian diri saja, namun menjadi gaya hidup & salah satu cara untuk memper-tontonkan kebaikan dihadapan masyarakat.
PELATIHAN KOMUNIKASI MEDIATIF (KOMEDIATIF) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PESERTA DIDIK DI KELAS) Erliana, Yossy Dwi
Jurnal TAMBORA Vol 1 No 2 (2016): EDISI 1
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (951.534 KB)

Abstract

Komunikasi merupakan unsur terpenting dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, sebagian guru matematika di sekolah menengah pertama negeri di Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa NTB memiliki masalah terkait salah satu aspek kompetensi pedagogik yaitu kurangnya kemampuan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru tentang komunikasi interpersonal dan mengukur perbedaan kemampuan komunikasi interpersonal guru antara sebelum dan setelah Pelatihan Komunikasi Mediatif. Setelah melalui uji  validitas dan reliabilitas, skala diberikan kepada peserta didik dalam tigas tahap, yaitu pretest, posttest dan follow up. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t-berpasangan, uji peringkat-bertanda Wilcoxon dan uji McNemar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi interpersonal guru antara sebelum pelatihan (pretest) dengan setelah pelatihan (posttest) dan antara sebelum pelatihan (pretest) dengan tindak lanjut pelatihan (follow-up). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada saat sebelum pelatihan sekitar 70% guru memiliki kemampuan interpersonal kategori sedang dan pada saat setelah pelatihan dan tindak lanjut pelatihan 72% guru memiliki kemampuan interpersonal tinggi. Skor skala posttest dan follow-up yang relatif sama menunjukkan bahwa para guru tetap konsisten menerapkan prinsip-prinsip komunikasi mediatif dalam proses pembelajaran di kelas.
PELACAKAN KOORDINAT DENGAN SMS-TRACKING MENGGUNAKAN APP MY GPS COORDINATE BERBASIS ANDROID Fitriati, Ita
Jurnal TAMBORA Vol 1 No 2 (2016): EDISI 1
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.385 KB)

Abstract

Perangkat lunak ini dibuat untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat melakukan pencarian posisi sebuah perangkat bergerak kemudian mempresentasikan hasilnya berupa informasi alamat dan kota. Dengan adanya perangkat lunak ini, pengguna dapat melihat data posisi sebuah perangkat bergerak yang dipresentasikan dalam sebuah informasi dari Google Maps, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan pemantauan perpindahan perangkat bergerak. Informasi tentang lokasi dan posisi seseorang / benda sangat penting untuk berbagai kepentingan bisnis dan pribadi, selain itu lokasi juga dapat memberikan kita kemudahan untuk mencari smartphone dan pemiliknya. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah sistem pelacakan dan penelusuran yang memanfaatkan My GPS Coordinate dari API (Application Programming Interface) google, GPS and SMS sebagai metode mobile positioning-nya. Hasilnya adalah adanya sebuah perangkat lunak mobile berplatform Android. Dalam uji coba yang dilakukan, hasil menunjukkan bahwa kita dapat melihat dan mengetahui posisi dari orang yang kita cari. Performa aplikasi ini sangat ditentukan oleh trafik provider jaringan yang dipakai oleh user, semakin padat trafik jaringan maka semakin menurun performa aplikasi ini, begitupun sebaliknya.
IMPLEMENTASI ALGORITMA DISCRETE FURIER TRANSFORM UNTUK KARAKTERISASI NADA DARI HURUF VOKAL Kusmiran, Amirin
Jurnal TAMBORA Vol 1 No 2 (2016): EDISI 1
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sinyal atau gelombang merupakan salah satu phenomena fisik yang telah banyak diaplikasi dibidang sains dan teknologi untuk mengkarakterisasi suatu bahan, seperti retakan dan kandungan dari material, dan nada. Sifat fisik yang digunakan untuk mengkarakterisasi bahan adalah frekuensi. Frekuensi yang dihasilkan oleh manusia berberda-berbeda dikarenakan tekanan, pita suara juga berbeda-beda. Penekanan suara dapat dikarakterisasi dalam domain waktu, sedangkan frekuensinya dapat dikarakterisasi dalam domain frekuensi. Untuk mengkaraterisasi, nada tersebut direkam dengan menggunakan microphone. Hasil rekaman tersebut akan tersimpan di dalam soundcard yang terintegrasi dengan personal computer (PC), kemudian dianalisis dengan menggunakan algoritma yang diimplementasi kedalam matlab. Algortima tersebut adalah algoritma recording dan discrete Fourier transform (DFT). Windows leakage dapat diminimalisasi menggunakan algoritma Blackmann dan Barthannwin modified. Frekuensi ,dan amplitudo yang dihasilkan oleh nada darihuruf vokala dalahnada I adalah 190 Hz dengan amplitudo 0,14 dB, nada o adalah 580 Hz dengan amplitudo 0,1 dB, nada u adalah 210 Hz dengan amplitudo 0,15 dB, nada e adalah 200 Hz dengan amplitudo 0,13 dB, dan nada aadalah 310 Hz dengan 0,1 dB.Noise yang dihasilkan oleh nada o pada saat pengambilan data disebabkan oleh perangkat personal computer (PC).
ANALISIS KADAR RESIDU ANTIBIOTIK DALAM DAGING AYAM POTONG YANG BEREDAR DI KOTA MATARAM Yanti, Sahri
Jurnal TAMBORA Vol 1 No 2 (2016): EDISI 1
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.249 KB)

Abstract

Analisis kuantitatif residu antibiotik dalam daging ayam potong yang beredar di Kota Mataram telah dilakukan dari bulan September hingga Oktober 2011. Pengambilan sampel dilakukan secara acak di tiga lokasi Pasar, Supermarket HERO, KFC dan Kentuku. Analisis kimia yang dilakukan melibatkan proses ekstraksi, sentrifugasi dan pengukuran dengan HPLC. Pada proses ekstraksi, pelarut yang digunakan yaitu Mcilvaine EDTA yang mampu memisahkan antibiotik dalam daging. Analisis kualitatif dengan HPLC mengindikasikan keberadaan residu antibiotik Oksitetrasiklin dalam sampel daging ayam potong dari Kota Mataram. Kadar residu antibiotik Oksitetrasilin yang telah ditemukan lebih kecil dari batas maksimum 1 ppm yang ditetapkan FAO. Kadar residu antibiotik Oksitetrasiklin dalam sampel masing-masing lokasi yaitu Seganteng 0,353 ppm, Bertais 0,259 ppm, Sesela 0,190 ppm, Sweta 0,172 ppm, Hero 0,157 ppm, KFC 0,113 ppm dan Kentuku 0,092 ppm.
DETEKSI DAN ISOLASI KESALAHAN BERBASIS PD DESCRIPTOR OBSERVER MENGGUNAKAN HUKUM CTC PADA ROBOT MANIPULATOR Andriani, Titi
Jurnal TAMBORA Vol 1 No 2 (2016): EDISI 1
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (876.105 KB)

Abstract

Secara umum robot dapat meningkatkan produktivitas produksi yang memberikan keuntungan lebih. Dalam bidang industri misalnya, penggunaan robot ditujukan untuk menggantikan peran manusia dalam melaksanakan tugas-tugas yang membutuhkan tenaga besar dan ketelitian tinggi. Terjadinya kesalahan sensor pada robot dapat menyebabkan penurunan hasil produksi. Untuk keperluan proses monitoring, deteksi dan isolasi kesalahan (Fault Detection and Isolation/FDI) memainkan peranan penting dalam memberikan informasi tentang kesalahan sistem untuk memungkinkan rekonfigurasi yang tepat. Untuk FDI yang berbasis residual, tugas yang sangat penting adalah teknik desain observer yang mampu mengestimasi sinyal kesalahan pada pengukuran sehingga miss detection dan false alarm dapat dihindari. Selain itu, harus dipilih metode kontrol yang tepat yang mampu mengatasi ketidaklinieran pada robot manipulator. Computed Torque Controller (CTC) adalah kontroler nonlinier yang telah digunakan secara luas pada kontrol robot manipulator. Kontrol ini didasarkan pada linearisasi umpan balik dan perhitungan torsi yang diperlukan lengan robot menggunakan hukum kontrol umpan balik nonlinear. Untuk sistem dengan noise pengukuran, observer Proportional Derivative (PD) dikonstruksi untuk mengestimasi residual noise pengukuran. Gain proportional dipilih untuk memastikan kestabilan dinamika error yang diestimasi dan gain derivative dipilih untuk mengurangi amplifikasi noise. Observer PD selanjutnya diaplikasikan pada mekanisme deteksi dan isolasi kesalahan sensor robot manipulator. Dengan menerapkan CTC pada robot manipulator, didapatkan sinyal kontrol umpan balik linier yang menjadi input bagi modified PD descriptor observer. Transformasi pemodelan robot manipulator ke dalam sistem augmented descriptor sehingga diperoleh formulasi desain observer yang baru yang mampu mengestimasi kesalahan pengukuran dan dapat diterapkan pada mekanisme FDI untuk memberikan sinyal alarm yang sesuai dengan sinyal kesalahan yang diinputkan pada pengukuran yang disimulasikan.
SISTEM KENDALI KERAN WUDHU OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR PASSIVE INFRA RED (PIR) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535 UNTUK MENGHEMAT PENGGUNAAN AIR Hidayatullah, Muhammad
Jurnal TAMBORA Vol 1 No 2 (2016): EDISI 1
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.628 KB)

Abstract

Kran wudhu pada masjid maupun tempat-tempat umum saat ini masih digerakkan secara manual. Mereka masih menggunakan kran manual untuk membuka dan menutup aliran air. Kran manual mudah rusak jika sering diputar-putar, apalagi jika penggunanya kurang bijak. Kelalaian menutup kran akan mengakibatkan pemborosan air, sehingga dinilai kurang efektif dan kurang efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem relai dan keran wudhu otomatis untuk memudahkan dalam berwudhu secara otomatis dan praktis. Sehingga dapat menghemat air dan listrik serta tidak perlu khawatir jika lalai menutup keran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode ekperimen, yang dimulai dari perancangan sistem, pembuatan program, pengujian alat keseluruhan, pengambilan data dan pembahasan. Prinsip kerja dari sistem secara keseluruhan yaitu: pendeteksian adanya obyek tangan/kaki manusia oleh sensor infra merah. Ketika cahaya infra merah ke phototransistor terhalang oleh tangan atau kaki manusia, sinyal yang diterima tersebut akan diolah sebagai data didalam mikrokontroler, kemudian arus dari catu daya akan diteruskan untuk mengaktifkan driver relai. Jika driver relai aktif, maka tegangan 220 volt akan mengalir ke kumparan sehingga solenoid valve aktif dan air dapat mengalir keluar dari kran. Ketika sensor tidak terhalang lagi, maka solenoid valve akan off secara otomatis.
PENDEKATAN KOLABORATIF UNTUK PENERAPAN ENERGI LAUT INDONESIA Noviana, Sari
Jurnal TAMBORA Vol 1 No 2 (2016): EDISI 1
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.137 KB)

Abstract

Pengembangan energi laut di Indonesia menggunakan strategi “double track”, yaitu (1) mendorong pemanfaatan teknologi nasional untuk menghasilkan pembangkit listrik skala kecil demi pemerataan akses energi terutama di daerah terpencil dan perbatasan, (2) menjalin kerjasama internasional untuk implementasi energi laut skala menengah dan besar untuk mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar minyak dan sumber energi konvensional lainnya (Guru besar bidang energi laut ITS, Prof. Ir. Mukhtasor, M.Eng., 2014).Sejak tahun 2011 telah dilakukan berbagai upaya pengembangan energi laut. Mulai dari program strategis hingga pada tataran teknis. Asosiasi Energi Laut Indonesia (ASELI) yang dibentuk tahun 2011 secara massif melakukan sosialisasi, penyusunan road map regulasi, penetapan metode perhitungan potensi energi laut, survei secara berkala, hingga menjalin kerjasama nasional maupun internasional. Dan pada tataran implementasi telah dilakukan tahap field test untuk pembangkit listrik gelombang laut (PLTGL-SB 1-10 kW, 2008-2015) dan field testpembangkit listrik arus laut Tipe Darrieus (PLTAL, 2-10 kW, 2006-2015).
PENGARUH PEMAAFAN TERHADAP TINGKAT STRES DITINJAU DARI LOKUS KENDALI PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA Atmasari, Ayuning
Jurnal TAMBORA Vol 1 No 3 (2016): EDISI 2
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.658 KB)

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga masih terus meningkat tiap tahunnya. Kekerasan dalam rumah tangga ini memiliki dampak baik fisik maupun psikologis, dan salah satu dampak psikologis yang dialami oleh korban kekerasan dalam rumah tangga ini adalah stres. Stres merupakan respon atau reaksi individu terhadap suatu kejadian atau stimulus lingkungan yang mengakibatkan individu merasa tegang, tertekan baik fisik maupun psikologis. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemaafan terhadap tingkat stres yang dimoderasi lokus kendali pada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian melibatkan 130 perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga yang terdapat di Kabupaten Sumbawa Besar, NTB. Pengambilan data menggunakan instrumen Marital Offence-Specific Forgiveness Scale (MOFS), Locus of Control Scale (LOCS), dan Perceived Stress Scale (PSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaafan yang dimoderasi lokus kendali internal berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat stres pada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga. Peran lokus kendali internal sebagai variabel moderator signifikan dalam mempengaruhi hubungan antara pemaafan dengan tingkat stres, yang ditandai dengan sumbangan efektifnya yang tinggi terhadap hubungan pemaafan dengan tingkat stres pada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga.
LAWAS SAMAWA DALAM PROSESI PERKAWINAN TRADISIONAL ETNIK SAMAWA Haryanti, Eka
Jurnal TAMBORA Vol 1 No 3 (2016): EDISI 2
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (938.764 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memberikan wawasan dalam bidang ilmu budaya, dan bahasa khususnya budaya Sumbawa, (2) upaya pelestarian budaya dalam tahapan perkawinan Samawa dan mengungkap budaya yang terkandung di dalamnya agar dapat menjadi pedoman tingkah laku masyarakat, khususnya masyarakat Sumbawa sehingga sesuai dengan ajaran kearifan dari leluhur dan sesuai dengan tingkah laku yang didasarkan pada adat-istiadat, Al-Quran serta Hadist. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk leksikon dalam lawas Samawa mencerminkan dinamika komunikasi dan sosial masyarakatnya, (2) teknik penyajian syair-syair lawas Samawa dimanfaatkan sebagai strategi kesantunan, di karenakan bahasa Sumbawa tidak memiliki tingkatan bahasa, (3) pandangan hidup masyarakat Samawa masih berpegang teguh pada sistem adat istiadat dan kepercayaan yang telah lama dijalani sejak zaman kesultanan Sumbawa.

Page 1 of 23 | Total Record : 225