JURNAL ILMIAH M-PROGRESS
Vol 9, No 1 (2019): JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

PENINGKATAN PERANAN WANITA DALAM PENGEMBANGAN USAHA RUMAH TANGGA

Wasis Gunadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Peranan wanita dalam dunia usaha dari waktu ke waktu mengalami peningkatan, baik jumlah maupun macam industri yang dipilih sebagai jenis usahanya, khususnya industri jasa. Dari sekitar 60 juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), 60% diantaranya adalah UMKM wanita. Perdagangan dan investasi bebas yang semakin mempertajam persaingan antar pelaku usaha pada hampir seluruh industri, menuntut agar produk UMKM memiliki daya saing yang lebih kuat. Dari tiga strategi bersaing: cost leaderships, product differentiation, dan focus, yang paling memungkan ditempuh dan dikembangkan oleh UMKM adalah strategi kedua, utamanya melalui pengembangan produk kreatif, khas dan up-dated. Pengembangan produk kratif ini harus merupakan upaya sinergis melibatkan pemerintah, Lembaga akademis, pelaku usaha dan masyarakat. Produk-produk UMKM memiliki daya saing yang baik, khususnya di pasar luar negeri seperti saat berpameran Hongkong Fashion Week,  Malaysian Halal Showcase (MIHAS), dan Dubai Global Village (DGV).

Copyrights © 2019