Deiksis
Vol 10, No 01 (2018): Deiksis

Pengaruh Persepsi Siswa atas Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Keterampilan Berbicara

Nurul Akmaliah (UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI)
Doni Anggoro Ari Santoso (UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Negeri Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei penjelasan (explanatory survey method) dengan pendekatan kuantatif melalui metode korelasional. Sampel diambil 60 orang siswa atau 33% dari populasi, teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik sampel sistematis. Hasil penelitian: Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif dan kemampuan berpikir kritis siswa secara bersama-sama terhadap keterampilan berbicara  bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung =12.832 > Ftabel = 3.16, dan sig = 0.000 < 0.05. Variabel persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif  dan kemampuan berpikir kritis   siswa menentukan tingkat keterampilan berbicara  bahasa Inggris sebesar 31%.    Kata Kunci: Persepsi Siswa atas Model Pembelajaran Kooperatif, Berpikir Kritis, Keterampilan Berbicara

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Deiksis

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Deiksis is a journal that aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts, and theories in Indonesian language and ...