Journal of Physical Education and Sports
Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016

EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PJOK

Alaswati, Sri (Unknown)
Rahayu, Setya (Unknown)
Rustiana, Eunike Raffy (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2017

Abstract

SMP di Kabupaten Kendal telah melaksanakan Kurikulum 2013 selama tiga tahun.  Mata Pelajaran PJOK mengalami penambahan satu jam pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendekripsikan pelaksanaan Kurikulum 2013 PJOK pada SMP di Kabupaten Kendal, (2) mengidentifikasi potensi, kelemahan, tantangan, dan  hambatan pelaksanaan kurikulum, dan (3)  menemukan solusi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistik dengan data primer  hasil wawancara enam guru PJOK,  kaur kurikulum, kepala sekolah, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal.  Sumber data sekunder diambil dari  dokumen sekolah berhubungan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 baik dari arsip bagian kurikulum, arsip bagian tatausaha, maupun dari data pelaksanaan kurikulum 2013 tentang kebijakan pemberlakuan kurikulum 2013. Hasil penelitian (1) pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 PJOK pada SMP di Kabupaten Kendal sudah dilaksanakan dengan baik, (2) potensi dalam aktivitas siswa, waktu pembelajaran, buku pembelajaran, kelemahan dalam teknik penilaian, sarana prasarana, hambatan dalam mengubah mindset guru, dan tantangan  supaya siswa senang berolahraga. (3) Solusi pada sekolah mengaktifkan MGMP, bekerja sama dengan komite, dan Dinas Pendidikan mengadakan workshop dan pendampingan guru mata pelajaran. Simpulan  Kurikulum 2013 di SMP sudah berjalan dan hambatan dapat diatasi baik dari dalam sekolah maupun luar sekolah dengan mencari solusi.   

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpes

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Physical Education and Sports publishes articles of original researchs and conceptual studies about physical education and sports. ...