Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) persepsi mahasiswa mengenai pemahaman terhadap mata kuliah entrepreneurship, (2) keinginan mahasiswa untuk memulai bisnis, apakah merintis usaha baru ataupun berbisnis waralaba, dan (3) perbedaan baik keinginan mahasiswa merintis usaha baru maupun keinginan mahasiswa berbisnis waralaba berdasarkan persepsi mahasiswa mengenai pemahaman terhadap mata kuliah entrepreneurship. Berdasarkan tujuan penelitian, desain penelitian ini adalah deskriptif dan kausal-komparatif. Sampel diambil secara acak sebesar 100 mahasiswa. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis persentase dan analisis varians multivariat (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keinginan mahasiswa merintis usaha baru lebih tinggi dibandingkan keinginan untuk berbisnis waralaba. Selain itu, persepsi mahasiswa mengenai pemahaman terhadap mata kuliah entrepreneurship yang mereka ikuti tidak ada kaitannya dengan keinginan mahasiswa untuk memulai bisnis (merintis usaha baru atau berbisnis waralaba).
Copyrights © 2013