Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 7, No 2 (2016)

Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V MI Tanwirul Huda Majenang Cilacap Tahun Ajaran 2015/2016

Lusi Hidayati (Universitas Alma Ata)
Sukati Sukati (Universitas Alma Ata)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Tanwirul Huda Majenang dimungkinkan karena kurangnya minat belajar dan motivasi belajar. Pembelajaran belum menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran IPA dengan strategi pembelajaran kooperatif make a match Kelas V MI Tanwirul Huda Majenang dan mengetahui peningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Tanwirul Huda Majenang dengan menggunakanstrategi pembelajaran kooperatif make a match. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terlaksana sebanyak dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2015 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Tanwirul Huda dengan sejumlah 27 siswa: laki-laki 14 dan perempuan 13. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Tehnik pengambilan data dilakukan lembar observasi dan test yaitu pretest dan posttest. Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil jika 80% hasil belajar siswa mengalami ketuntasan KKM yaitu 70.Berdasarkan data penelitian yang diperoleh, penerapan strategi pembelajaran kooperatifmake a matchdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakelas VMI Tanwirul Huda Majenang.Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu sebesar 67,14 dengan nilai tertinggi 90 dan presentase ketuntasan sebesar 70,37%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,28 dengan nilai tertinggi 100 dan persentase ketuntasan sebesar 92,59%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...