Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 1 No. 1 (2016): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE-BASED LEARNING BERBANTUAN PROGRAM GEOGEBRA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS: Model Permbelajaran Resource-Based Learning berbantuan program Geogebra: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Andini Sukma Widiawati (Unknown)
Ucu Koswara (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2017

Abstract

Makalah ini melaporkan temuan tentang satu eksperimen dengan desain Non - Equivalent Control Group Designuntuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Resource-Based Learning berbantuan program Geogebradengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII semester dua di salah satu sekolah di Kabupaten Sumedang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester dua serta sampel yang diambil sebanyak 82 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, serta angket dalam upaya melihat hasil dari pandangan siswa mengenai pembelajaran Resource-Based Learning berbantuan program Geogebra.Penelitian ini menemukan: (1) Dari Uji pada taraf kesalahan 5% menunjukan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Resource-Based Learning berbantuan program Geogebra lebih baik dibanding pembelajaran konvensional.(2) Analisis deskriptif terhadap angket sikap siswa berada pada kategori positif dengan kriteria sedang, hal ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Resource-Based Learning berbantuan program Geogebra berkategori positif terhadap sikap siswa dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...