Berdasar hasil Pra Survey yang dilaksanakan di SMK Tuma’ninah Yasin Metro diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif selama pembelajaran serta hasil belajar siswa masih relatif rendah. Sehingga dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X di SMK Tuma’ninah Yasin Metro semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah siswa kelas X adalah 11 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal tes dalam bentuk uraian untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Aktivitas belajar siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas X SMK Tuma’ninah Yasin Metro. 2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata dari 27,5% siklus I menjadi 54,54% pada siklus II dan menjadi 81,81% pada siklus III.
Copyrights © 2016