Jurnal PAI Raden Fatah
Vol 1 No 1 (2019): Jurnal PAI Raden Fatah

HUBUNGAN AKHLAK MAHMUDAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII 1 SMP MUAMMADIYAH 6 PALEMBANG

Ahmad Wahyu Hidayat (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Abdullah Idi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Nyayu Soraya (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting sekali, baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat dan bangsa. Untuk itu diperlukan berbagai upaya untuk membina dan membangun generasi yang cerdas, jujur, dan bertawakal kepada Allah, karena manusia sebagai kholifah memikul beban yang besar dihadapan Allah dalam memperbaiki Allah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagiamana hubungan akhlak mahmudah terhadap prestasi belajar siswa kelas VII 1 SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik prosentasi dan uji t. Adapun hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa akhlak mahmudah siswa tergolong sedang, yaitu 21 siswa dengan prosentase 69,93%. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa ditemukan bahwa tingkat prestasi belajar siswa kelas VII 1 semester 1 tergolong sedang, yaitu 17 siswa dengan prosentase 56.61%. Dan dari analisis data dengan menggunakan perhitungan secara manual yaitu dengan Uji signifikan koefisien korelasi dengan uji t didapat α = 0,05 dan n = 30, Dk = n – 2 = 30–2 = 28 sehingga diperoleh thitung > ttabel 3,90 > 1,701, itu berarti mempunyai interpretasi yang tinggi. Artinya ada Hubungan yang signifikan Akhlak Mahmudah terhadap prestasi belajar. Dengan demikian berarti bahwa hipotesa yang diajukan peneliti dalam penelitian ini diterima. Hipotesa “hubungan yang signifikan antara Akhlak Mahmudah dengan Prestasi Belajar Siswa”.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pairf

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

This journal publishes articles in the form of learning and learning outcomes, and concepts in the context of Islamic education, which includes Islamic Education Materials; Educators and Students; Learning methods; Curriculum; Politics of Education; Educational Philosophy; and History of Islamic ...