FKIP e-PROCEEDING
2018: Seminar Nasional Pendidikan 2018 "Pengembangan Keterampilan Abad 21 "4C" di Sekolah Dasar dala

GARYMATIKA MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME ANDROID UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Setyo Ajie Wibowo (universitas jember)
Fatimatuzzahro Fatimatuzzahro (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Informasi Teknologi (IT) untuk mewujudkan edukasi 4.0. Adapun yang melatarbelakangi penulisan ini karena era saat ini merupakan era kemajuan teknologi, kemajuan tersebut mempengaruhi berbagai bidang, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Bidang pendidikan membutuhkan sebuah inovasi pembelajaran yang lebih efektif, efisien, dan mengikuti zaman. Termasuk pendidikan dalam bidang matematika juga memerlukan sebuah inovasi pembelajaran. Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang bersifat abstrak, oleh karena itu membutuhkan sebuah alat atau media pembelajaran yang dapat menjembatani sifat abstrak menjadi konkret sesuai dengan tahapan berfikir siswa sekolah dasar. Seiring berjalannya perubahan zaman, di sekolah dasar memerlukan pemanfaatan penggunaan IT. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk mengembangkan suatu media pembelajaran Garymatika sebagai upaya dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk kelas tinggi di Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini kami menggunakan metode research and development (penelitian dan pengembangan) pada aplikasi Garymatika game edukasi android untuk sekolah dasar.

Copyrights © 2018