Majalah Patologi Indonesia
Vol 24 No 2 (2015): MPI

Hubungan Ekspresi Epidermal Growth Factor Receptor dan Skor Gleason pada Karsinoma Prostat

Susilawati Susilawati (Departemen Patologi Anatomik, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang)
Mezfi Unita (Departemen Patologi Anatomik, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang)
Ika Kartika (Departemen Patologi Anatomik, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang)
Irsan Saleh (Departemen Patologi Anatomik, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2018

Abstract

Latar belakang Kanker prostat merupakan karsinoma terbanyak keenam di dunia dan penyebab kematian tersering kedua pada laki-laki. Epidermal growth factor receptor (EGFR) berperan penting dalam proses karsinogenesis tumor solid termasuk karsinoma prostat. Overekspresi EGFR dapat meningkatkan proliferasi sel tidak terkendali sehingga dapat digunakan sebagai faktor prognostik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ekspresi EGFR dan skor Gleason pada karsinoma prostat. Metode Penelitian ini adalah penelitian observasional potong lintang. Limapuluh sampel yang telah didiagnosa adenokarsinoma prostat terdiri dari 24 sampel jaringan hasil transurethral resection prostate (TURP) dan 26 sampel jaringan hasil prostatektomi. Sampel diambil dari arsip di Bagian Patologi Anatomik RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang (periode 1 Januari 2010 sampai 31 Desember 2012). Kemudian sampel penelitian dipulas dengan antibodi EGFR, diidentifikasi dan dianalisis hubungan EGFR tersebut dengan skor Gleason. Hasil Positivitas ekspresi EGFR pada adenokarsinoma prostat cenderung lebih banyak dijumpai pada kelompok skor Gleason ≥7 (87,1%) daripada kelompok skor Gleason 0,05). Kesimpulan Tidak ada hubungan bermakna antara ekspresi EGFR dan skor Gleason pada adenokarsinoma prostat. Kata kunci : adenokarsinoma prostat, EGFR, skor Gleason.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

patologi

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Majalah Patologi Indonesia (MPI) digunakan sebagai wahana publikasi hasil penelitian, tinjauan pustaka, laporan kasus dan ulasan berbagai aspek di bidang patologi manusia. Tujuannya ialah menghadirkan forum bagi permakluman dan pemahaman aneka proses patologik serta evaluasi berbagai penerapan cara ...